BELAJAR FUNGSI TEKS PADA MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang banyak menyediakan fungsi-fungsi atau formula. Diantaranya adalah fungsi teks, fungsi tanggal dan waktu, fungsi logika dan masih banyak lagi yang lainnya. Disini kita akan belajar menggunakan beberapa fungsi teks yang sering digunakan seperti fungsi LEFT, fungsi RIGHT, fungsi MID, fungsi Gabungan, fungsi UPPER dan fungsi LOWER.
Fungsi LEFT
Fungsi =LEFT(Sel;n) digunakan untuk mengambil karakter bagian kiri dari suatu teks sebanyak (n) karakter. Perhatikan contoh pada gambar berikut ini.
Pada contoh di atas, sel A2 kita ketikkan kata "MICROSOFT".
Jka di sel B2 akan kita tampilkan kata "MICRO", maka kita dapat menggunakan rumus : =LEFT(A2;5) pada sel B2 dan diakhiri dengan menekan tombol Enter.
Fungsi RIGHT
Fungsi =RIGHT(Sel;n) digunakan untuk mengambil karakter bagian kanan dari suatu teks sebanyak (n) karakter. Perhatikan contoh pada gambar berikut ini.
Pada contoh di atas, sel A2 kita ketikkan kata "MICROSOFT".
Jka di sel B2 akan kita tampilkan kata "SOFT", maka kita dapat menggunakan rumus : =RIGHT(A2;4) pada sel B2 dan diakhiri dengan menekan tombol Enter.
Fungsi MID
Fungsi =MID(Sel;m;n) digunakan untuk mengambil karakter yang berada di antara karakter lain yang mengapitnya atau mengambil karakter yang berada di tengah teks, dimulai dari (m) karakter dan jumlah (n) karakter yang akan diambil. Penghitungan untuk pengambilan karakter dimulai dari sebelah kiri. Perhatikan contoh pada gambar berikut.
Pada contoh di atas, sel A2 kita ketikkan kata "MICROSOFT".
Jka di sel B2 akan kita tampilkan kata "CROS", maka kita dapat menggunakan rumus : =MID(A2;3;4) pada sel B2 dan diakhiri dengan menekan tombol Enter.
Fungsi Gabungan
Fungsi gabungan merupakan fungsi yang menggabungkan beberapa fungsi di atas, untuk mengambil beberapa karakter secara acak atau terpisah. Perhatikan contoh pada gambar berikut.
Misalkan pada contoh di atas, sel A2 kita ketikkan kata "MICROSOFT"
Jika di sel B2 akan kita tampilkan kata "SOROT", maka kita dapat menggunakan rumus : =MID(A2;6;2)&MID(A2;4;2)&RIGHT(A2;1) pada sel B2 dan diakhiri dengan menekan tombol Enter.
Fungsi UPPER
Fungsi =UPPER(Sel) adalah fungsi yang digunakan untuk mengubah huruf kecil menjadi huruf besar/kapital semua. Perhatikan contoh pada gambar berikut.
Pada contoh di atas kita ketikkan kata "microsoft" pada sel A2.
Jika di sel B2 akan kita ubah tampilan menjadi kata "MICROSOFT", maka kita dapat menggunakan rumus =UPPER(A2) pada sel B2 dan diakhiri dengan menekan tombol Enter.
Fungsi LOWER
Fungsi =LOWER(Sel) merupakan fungsi kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil. Perhatikan contoh pada gambar berikut.
Pada contoh di atas kita ketikkan kata "MICROSOFT" pada sel A2.
Jika di sel B2 akan kita ubah tampilan menjadi kata "microsoft", maka kita dapat menggunakan rumus =LOWER(A2) pada sel B2 dan diakhiri dengan menekan tombol Enter.
Saya cukupkan sampai disini dulu pembahasan ini dan mudah-mudahan dapat kita lanjutkan pada pembahasan untuk fungsi-fungsi yang lainnya. Jika ada hal-hal yang kurang jelas dapat kita bahas pada kolom komentar. Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan anda.
Komentar
Posting Komentar